Rabu, 11 Januari 2017

MENYUSUN KABEL UTP : TIPE STRAIGHT & CROSSOVER

UTP (Unshielded Twisted Pair)


kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah jenis kabel ini terbuat dari bahan penghantar tembaga, mempunyai isolasi dari plastik & terbungkus oleh bahan isolasi yang dapat melindungi dari api dan juga kerusakan fisik tetapi tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik, namun jenis kabel ini banyak digunakan karena harga yang relatif murah dan fungsinya yang memang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan., kabel UTP sendiri terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling berbelit dimana masing-masing pasang mempunyai kode warna berbeda.

Fungsi kabel UTP adalah digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.


Karakteristik :


  1. Bagian dalam kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) terdiri dari dua kawat tembaga yang dibagi menjadi 4 pasang (pair), lalu dipilin menjadi satu.
  2. Tiap-tiap pair atau dawai kawat tembaga dilapisi insulator yang memiliki warna-warna unik.
  3. Kecepatan dan keluaran transmisi mencapai 10 – 100 Mbps.
  4. Panjang Kabel UTP maksimal yang diizinkan yaitu 100 meter (pendek).
  5. Tegangan Kabel 150 ohm.
  6. Kabel jaringan UTP (Unshielded Twisted Pair) hanya bisa menangani satu kanal data (yang bekerja pada baseband).
  7. Instalasi jaringan komputer menggunakan kabel Twisted Pair membutuhkan sebuah hub untuk membangun sebuah LAN yang baik.
  8. Konektor kabel jaringan UTP (Unshielded Twisted Pair) menggunakan konektor RJ-45 untuk koneksinya.
  9. Kerusakan yang terjadi pada salah satu saluran kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) tidak akan mengganggu jaringan secara keseluruhan.



Susunan kabel UTP terdiri dari 2 jenis, yaitu:

  1. Straight (lurus), biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat yang berbeda, misalnya: komputer ke hub, komputer ke switch.
  2. Cross (silang), biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat yang sama, misalnya: komputer ke komputer, hub ke hub, switch ke switch.

Untuk standar urutan kabel straight susunan pada kedua ujung sama, yaitu:
  1. Putih-orange
  2. Orange
  3. Putih-hijau
  4. Biru
  5. Putih-biru
  6. Hijau
  7. Putih-coklat
  8. Coklat

Standar Susunan Kabel Cross (Silang)
Untuk standar urutan kabel cross susunan pada kedua ujung berbeda, yaitu:
Ujung pertama sama dengan susunan kabel straight:
  1. Putih-orange
  2. Orange
  3. Putih-hijau
  4. Biru
  5. Putih-biru
  6. Hijau
  7. Putih-coklat
  8. Coklat
Ujung kedua, pin 1 dan 3 tukar posisi, pin 2 dan 6 tukar posisi:
  1. Putih-hijau
  2. Hijau
  3. Putih-orange
  4. Biru
  5. Putih-biru
  6. Orange
  7. Putih-coklat
  8. Coklat



Tang Crimping
adalah peralatan yang digunakan untuk mengcrimping RJ45 yang sudah terpasang dengan benar di kabel UTP dengan fungsi sebagai berikut:
  • Untuk memotong kabel
  • Untuk mengelupas kulit kabel
  • Untuk meng-crimping RJ45




Cara Crimping Kabel Straigh dan Cross (Cara Crimping Kabel UTP ke RJ-45) :
  1. Kupas kulit kabel sepanjang kurang lebih sekitar 2 cm.
  2. Susun rapi delapan kabel yang terdapat didalam sesuai dengan gambar dan penjelasan diatas.
  3. Luruskan kabel yang masih kusut.
  4. Ratakan ujung kabel dengan memotongnya menggunakan tang crimping.
  5. Setelah yakin urutan warna benar dan ujung kabel sudah rata, masukan kabel kedalam konektor RJ-45 , pastikan ujung kabel menyentuh ujung RJ-45, dan jepitlah menggunakan Tang Crimping.
  6. Setelah menyelesaikan kedua ujung kabel, Tes Kabel UTP dengan menggunakan LAN Tester, jika semua lampu menyala, berarti kabel tersebut telah di crimping dengan benar dan bisa digunakan.

Connector RJ45 ( Modular Plug)

Dalam dunia jaringan atau hal yang berhubungan dengan elektronik terdapat satu penghubung bagi komponen lain agar mampu bekerja secara normal. Itulah RJ.  RJ sendiri merupakan singkatan dari Register Jack yaitu peralatan pada jaringan yang fungsinya untuk mengatur instalasi atau pemasangan konektor dan kabel.


Arti Connector RJ45 atau Modular Plug

RJ sendiri memiliki berbagai tipe mulai RJ 11, RJ 25, RJ 45, dan lain sebagainya. Di antara tipe-tipe Register Jack atau RJ tersebut. Connector RJ 45 merupakan tipe yang sering digunakan. Lalu apa itu Connector RJ 45 atau modular plug?

Connector RJ 45 adalah penghubung atau konektor kabel ethernet (bagian jejaring komputer) yang digunakan dalam jaringan. Connector RJ 45 sebagai peralatan dalam jaringan yang demikian populer bisa  digunakan untuk jaringan telekomunikasi maupun jaringan internet. RJ ini merupakan konektor yang sudah terstandar untuk jaringan lokal seperti LAN maupun jaringan lainnya.

Connector RJ 45 biasanya terdapat pada ujung kabel dari UTP (unshielded twisted pair) yang menghubungkannya ke pemancar penerima (transceiver). Connector RJ 45 akan menghubungkan kabel UTP dengan transceiver tadi.

Agar connector RJ 45 atau modular plug bisa digunakan perhatikan warna yang digunakan. Urutan warna tak bisa dipasang atau disambungkan sembarangan. Warna dalam connector RJ 45 biasanya sudah memiliki standar yaitu sesuai standar T568A maupun T568B.

Connector RJ 45 bisa menghubungkan dua atau lebih jaringan. Nah, menghubungkan dua jaringan pemasangan harus menggunakan kabel cross over, sementara jika menghubungakan lebih dari dua jaringan harus menggunakan kabel straight through. Berikut dijelaskan lebih lanjut tentang penghubung RJ 45 ini.

Konfigurasi Connector RJ 45

Konektor RJ 45 pada dasarnya memiliki tiga jenis konfigurasi atau pengaturan berdasarkan perangkat yang dapat dihubungkannya.Pertama, konfigurasi straight through yaitu kabel yang menghubungkan jaringan dengan tingkatan berbeda. Biasanya kabel ini menghubungkan lebih dari dua jaringan.

Kedua, konfigurasi cross over yaitu kabel yang menghubungkan perangkat jaringan yang jumlahnya tak lebih dari dua jaringan. Contohnya adalah menghubungkan koneksi jaringan antar PC (personal computer) atau router ke router.

Ketiga, konfigurasi rollover yaitu kabel penghubung yang digunakan guna mengakses router (alat pengirim paket data ke jaringan) dengan PC. Kabel ini sangat mudah digunakan. Tinggal membalik dan mengurutkan kabel yang ingin dipasang pada satu sisi.

Fungsi Connector RJ45

Selain menjelaskan apa itu connector rj45 atau modular plug, di sini akan diurai pula fungsi dari konektor jaringan tersebut. Fungsi utama dari connector RJ 45 atau modular plug adalah menyambungkan kabel UTP dengan pemancar penerima, Komputer, Switch, Patch Panel dan lain-lain. RJ 45 hanya bisa digunakan untuk kabel UTP/STP 4 Pair.

Konektor RJ 45 dan kabel UTP digunakan untuk jaringan komputer yang terkoneksi dengan internet. Misalnya kita yang menggunakan PC atau laptop selain bisa mendapatkan koneksi internet melalui wifi juga bisa menggunakan internet melalui konektor RJ 45 yang ada pada kabel UTP dan tersambung dengan PC/laptop.

Cara Memasang Kabel UTP ke Konektor RJ 45

Kabel UTP yang ingin dihubungkan dengan konektor RJ 45 harus disesuaikan dengan kabelnya, apakah menggunakan straight through atau cross over. Dalam memasang kabel UTP dengan connector RJ 45 perlu diperhatikan urutan warna dan kabel yang benar. Lalu sambungkan atau masukkan kabel UTP pada konektor RJ 45. Lekatkan atau jepit RJ 45 memakai tang khusus yaitu tangcrimping.

Selesailah proses pemasangan kabel UTP dengan konektor RJ 45. Selanjutnya tugas Anda adalah memastikan atau melakukan tes apakah koneksi kabel UTP dan konektornya benar-benar sesuai dan berfungsi. Cara mengujinya bisa menggunakan tester kabel.

Di pasaran sendiri harga connector RJ 45 atau modular plug cukup terjangkau. Bisa dibeli secara eceran (pcs) maupun dalam jumlah banyak. Ada berbagai jenis connector yang bisa dipilih oleh konsumen. RJ 45 terbuat dari bahan berkualitas yang bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Connector ini juga mudah digunakan dalam pemasangannya.

Itulah informasi seputar apa itu connector RJ 45 atau modular plug yang bisa pembaca jadikan referensi dalam memahami dunia jaringan.

LAN Tester

LAN Tester adalah sebuah alat yang digunakan untuk pengecekan kabel UTP yang telah terpasanag RJ-45 atau RJ-11 apakah susunannya Straight atau Cross.


Fungsi LAN tester adalah sebuah alat yang digunakan untuk pengecekan kabel UTP yang telah terpasang RJ-45 atau RJ-11 sebelum dipasang ke LAN Card, Pada LAN tester terdapat led indikator yang fungsinya mengecek kebenaran pada kabel yang sedang kita cek.

Cara Menggunakan LAN tester


  1. Dengan masukkan Kabel UTP ke slot nya. Jika tersambung ke swicth, maka akan ada gambar kabel yang telah tersambung ke swicth.
  2. Dengan mendekatkan tone network ke kabel atau port lan. Cara nya yaitu “Fluke Network” dimasukkan kabel LAN lalu dekatkan Tone network ke port lan di swicth, sampai terdeteksi bunyi.




............Selamat Belajar.............

Share:

0 komentar:

Posting Komentar